Rabu, 10 Agustus 2016

Tutorial Cara Memakai Baju Sari India Lengkap [Gambar+Video]

Sari merupakan pakaian wanita dari daratan India yang umumnya dikenakan di India. Sari seringkali digunakan, karena merupakan pakaian asli India. Dewasa ini, terdapat beberapa macam sari dan juga banyak gaya pemakaiannya yang berbeda-beda. Bagian utama dari pakaian sari ini panjangnya sekitar 5,5 m, akan tetapi Anda tak perlu  pusing menggunakan sari, karena pemakaianya sangat mudah dan juga kelihatan mempesona pada siapa pun. Berikut ini cara memakai baju sari India dengan mudah:

cara memakai baju sari india
[klik gambar untuk lebih detail]

Cara memakai baju sari India yaitu mulailah dengan menggunakan pakaian yang tepat. Anda harus memakai pakaian atas atau choli, kemeja, rok dalam atau yang biasanya disebut inskirt yang diikat erat dan sepatu sebelum mulai untuk membelitkan sari. Meskipun peniti bukanlah suatu keharusan, akan tetapi dengan menggunakan peniti maka proses untuk membelitkan sari jauh terlihat lebih bagus dan lebih mudah.

Belitkan dan selipkanlah ujung permulaannya. Pegang sari sehingga jaraknya yang lebih pendek adalah dari pinggang ke lantai dan ujungnya yang panjang bisa dibelitkan melingkar. Lalu, mulailah untuk satu ujung dan selipkanlah sudut kain ke dalam rok dalam di pinggul di sebelah kiri, lilitkanlah melingkar di belakang Anda, lewati  pinggul sebelah kanan, lewatilah pusar dan berputar lagi hingga melewati pusar sekali lagi. Terus selipkanlah ke dalam rok sambil melakukan putaran tadi. Anda dapat menggunakan peniti untuk menjepitkannya pada bagian pinggang sekarang, akan tetapi rok dalam sebetulnya cukup aman untuk menahan.

Buat lipatan di bagian depan. Dengan posisi kain di pusar, buatlah enam tujuh lipatan. Sesuaikanlah lipatan-lipatan tersebut agar menghadap di sisi kanan dan selanjutnya selipkan ke lipatan-lipatan itu. Selipkanlah bagian-bagian kain seperlunya supaya terlihat rapi di bagian pinggul sebelah kanan.

Lipatlah ujung lainnya. Beralih ke ujung sari yang lainnya lebih penuh dekorasi (pallu). Anda perlu untuk membuat lipatan yang melewati bahu. Caranya, gunakanlah jengkal jari untuk membuat jarak antar lipatan dan gulung melewati ujung pendek sari.

Anda dapat menggunakan jepit-jepit rambut untuk menahan lipatan tetap pada tempatnya hingga Anda selesai berdandan.

Tempatkanlah lipatan yang pada bahu. Gulunglah ujung pallu berputar di belakang Anda dan gantungkanlah diatas bahu sebelah kanan. Sekarang sari menjuntai di atas tungkai Anda, akan tetapi Anda dapat menyesuaikannya berdasarkan kecocokan. Jepit pallu agar tertahan di bahu supaya aman.

Pindahkanlah lipatan. Ambilah sisi kiri lipatan dan pindahkan dengan melewati pinggul sebelah kiri. Jepitlah sudutnya di situ. Jepitlah bagian-bagian kain jika diperlukan. Sesuaikanlah pada bagian kain yang tertinggal hingga terlihat siap dan rapih.

Jika bingung, silahkan lihat tutorial pada gambar yang sudah saya sediakan diatas. Memang jika pertama kali memakai baju sari india akan terasa sulit, namun kalau anda mengikuti cara ini dengan seksama maka akan mudah. Untuk penjelasan lebih detail, anda dapat melihat video berikut ini.

Video Cara Memakai Baju Sari India



Dengan melihat video secara langsung, maka akan lebih jelas dalam mempraktekkan cara memakai baju sari india. Nah, kenapa baju sari india ini sangat diminati?.. silahkan baca Uniknya Baju Muslim Bergaya India. Itulah informasi tentang cara memakai baju sari india secara lengkap disertai dengan gambar dan video.

Tutorial Cara Memakai Baju Sari India Lengkap [Gambar+Video] Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

Apa Komentarmu: